Rabu, 17 April 2013

Wajah Cepat Keriput? Mungkin Kebanyakan Gula

Satu sendok makan gula benar-benar dapat membuat kopi manis. Tapi ternyata, gula juga menjadi penyebab mengapa wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, demikian menurut sebuah penelitian baru.

Kadar gula darah dianggap berkaitan dengan penampilan luar seseorang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Age, 1 milimole per liter peningkatan kadar gula darah membuat wajah seseorang tampak lebih tua lima bulan.
 
 
Selain itu, penelitian lain dalam British Journal of Dermatology yang dilakukan tahun 2007 juga membuktikan hal yang sama. Kolagen dan protein yang membuat kulit tetap lembab dan lentur tampaknya dapat rusak oleh proses glikasi. Bagaimana ini bisa terjadi?

Glikasi adalah proses ketika kadar gula darah yang melekat pada protein dan membentuk protein yang tidak diinginkan.

Lalu, apa arti semua penelitian tersebut? Nah, jika kita ingin menjaga penampilan tetap muda, batasi konsumsi gula. Meskipun gula tidak berarti benar-benar harus dihindari, makanlah dalam jumlah yang moderat.

Dengan membatasi konsumsi gula dan makanan manis lainnya, Anda tidak hanya mengontrol kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes, tetapi juga membuat wajah Anda terlihat selalu muda.
 
 
 
 
 
 
 
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar