Rabu, 30 Januari 2013

Kurikulum Sekolah: Balap Merpati Agar Pintar Matematika

Mungkin terdengar aneh bila ada sekolah yang menerapkan balap merpati sebagai kurikulum sekolah. Nyatanya demkian yang terjadi di Kingsmead Technology College di Hednesford, Staffordshire, Inggris.

Balap merpati ini telah diuji coba selama 18 bulan terakhir di antara sekelompok kecil anak-anak,dan telah terbukti sukses besar. Seorang guru di sekolah tersebut menjelaskan, bahwa balap merpati ini memberikan manfaat besar dalam pelajaran lain, seperti matematika, fisika, geografi, dan biologi.

 
 www.asdlabs.com

’’Anak-anak menyukainya. Balap merpati ini membantu anak-anak (belajar) matematika ketika mereka sedang mencari tahu siapa yang telah menang, dan bekerja dengan kecepatan untuk menghitung jarak, dan waktu,’’ ujar Richard Chambers, guru dan pengelola sekolah yang bertanggung jawab terhadap penerapan silabus balap merpati di sekolah ini.

Sedangkan dalam pelajaran geografi,  lanjut Chambers, balap merpati dapat memberi manfaat menemukan jalan pulang dengan mengikuti kontur bumi seperti terbang di atas bukit dan lembah.

’’Saat pelajaran sejarah, anak-anak belajar saat saya memberitahu mereka bagaimana burung digunakan mengirim pesan ketika perang,’’ tutur Chambers.
Chambers yang telah melakukan balap merpati saat berusia 12 tahun ini optimistis sebentar lagi anak-anak mengirim pesan menggunakan merpati.

‘’Ini merupakan sukses besar,’’ ujar Chambers.

Klub terbang nasional Midlands juga mendukung langkah untuk memperkenalkan balap merpati di sekolah dan mengatakan, dapat membantu hobi balap merpati menjadi populer.

Wah, asal tidak dijadikan ajang judi saja seperti yang banyak terlihat di sini, ya.





 


Sumber:
republika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar